Senin, 01 Juli 2013

CARA MEMBUAT GADGET DAFTAR ISI BLOG

Bagi para kawan blogger yang masih baru seperti saya, ada banyak cara untuk memaksimalkan fasilitas penunjang blog kita. Salah satunya ialah melengkapi blog dengan daftar isi blog. Sebelumnya saya telah menulis artikel mengenai MEMBUAT DAFTAR ISI dalam bentuk postingan, namun pada kesempatan kali ini saya akan membagi pengetahuan saya mengenai CARA MEMBUAT GADGET DAFTAR ISI BLOG.


Daftar isi blog dalam bentuk gadget ini nantinya akan tampil di halaman blog kawan dalam bentuk kotak kecil seperti yang saya pakai di blog saya (sebelah kanan halaman blog saya), ini screenshotnya :


Adanya gadget ini dapat mempermudah para pengunjung untuk mencari artikel yang kita tulis tanpa repot-repot masuk ke halaman daftar isi.
Jika kawan tertarik, maka yang perlu dilakukan ialah :


  • Login ke blog kawan.
  • Masuklah ke menu TATA LETAK
  • Tambahkanlah GADGET (terserah anda ingin diletakkan dimana).
  • Pilihlah gadget HTML/JAVASCRIPT.
  • Setelah itu pastekan kode berikut ini :

<div style="background:#B0E0E6; no-repeat scroll 0 0; border:1px solid #00008B; height:250px; overflow:auto; padding:10px; width:250px;">
<div id="cl_option">
Loading... </div>
<div id="cl_content_list">
</div>
<script type="text/javascript">
var jumlah_kata_dalam_ringkasan = 250;
</script>
<script src="http://raihanun.googlecode.com/files/DaftarMenuOtomatis.js">
</script>
<script src="http://moving-forw4rd.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=json-in-script&amp;callback=onLoadFeed&amp;max-results=500">
</script></div>
Keterangan :
Tulisan warna merah dapat anda ubah dengan kode warna lainnya sesuai dengan keinginan anda
Tulisan warna biru merupakan warna border (garis pinggir) gadget anda, dapat diubah sesuai keinginan anda
Tulisan warna orange merupakan tinggi gadget anda, dapat anda ubah sesuai keinginan anda
Tulisan warna hijau ubahlah dengan alamat blog anda.

  • Setelah itu, klik SIMPAN
  • Lihatlah hasilnya, berhasil bukan :)
Sekian dulu artikel sederhana dari saya, semoga membantu kawan-kawan sekalian.
Jika ada yang perlu ditanyakan, tinggalkan komentar ya. :)

2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

  1. Wah keren gan sudah saya terapkan. Terima kasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat ya. :)

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan baik. Bagi komentator anonim harap memberikan nama/nickname sebelum isi komentar. Terima kasih :)