Selasa, 09 Juli 2013

RESENSI BUKU MENCARI MADURA

Madura, jika anda tak mengenal mereka, maka anda tak akan mengenal mereka. Saat pertama mendengan kata-kata "MADURA", tak jarang yang paling umum terisrat dalam fikiran ialah prasangka-prasangka buruk terhadap mereka. TUNDA DULU PRASANGKA ITU, begitulah bapak A. Latief Wiyata mengawali bukunya.

Judul : Mencari Madura
Penulis : A. Latief Wiyata
Penerbit : Bidik-Phronesis Publishing (Jakarta)
Cetakan : Pertama, 2013
Tebal : 264 Halaman

Tak kenal, maka tak sayang. Begitulah pepatah lama mengatakan bahwa jika anda ingin menyayanginya, maka kenalilah. Pepatah tersebut juga menyiratkan kepada kita bahwa sebelum menilai, alangkah baiknya jika mengenali orang atau hal yang akan dinilainya. Mungkin itulah yang kiranya bapak A. Latief Wiyata yang ingin disampaikan kepada masyarakat luas lewat bukunya, bahwa orang/masyarakat Madura tidaklah sepenuhnya seperti yang digambarkan oleh stereotip-stereotip yang pernah didengar.

Bapak A. Latief Wiyata, dalam bukunya berusaha untuk menjelaskan secara jelas mengenai pandangan hidup, perilaku, etos kerja, budaya, serta segala hal yang menyangkut orang Madura. Beliau mengemukakan statement, pendapat, serta kesimpulannya dalam bukunya dengan membubuhkan begitu banyak bukti-bukti tulisan berupa esai, opini, serta artikel yang ada di media-media cetak. Beliau menjelaskan kesemuanya itu dengan mengaitkannya dengan artikel-artikel koran yang memuat pemberitaan mengenai orang Madura.

Jika anda membaca buku ini, anda akan disuguhi begitu banyak tulisan-tulisan media massa yang menggambarkan serta memberitakan hal-hal yang menyangkut dengan orang Madura. Tidak hanya itu saja, tulisan-tulisan tersebut oleh beliau dianalisa secara menyeluruh, serta dikaitkannya dengan stereotipe-stereotipe dan bukti-bukti budaya Madura yang ada dan aktual.

Buku ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengenal lebih jauh mengenai orang Madura. Bahasa yang sangat komunikatif serta analisa penulis yang tajam, membuat buku ini sangat baik untuk anda yang akan mengadakan penelitian terhadap orang Madura.

Jika anda meyakini orang Madura seluruhnya bernilai negatif, maka tunda dulu prasangka itu.
______________________________________

Mungkin itu saja yang dapat saya ulas. Semoga resensi sederhana ini dapat membantu anda.

Oleh : Wahyu Qadarillah
______________________________________

Menurut Anda, apakah orang Madura memang dikenal dan terkenal negatifnya?
__
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Bagi komentator anonim harap memberikan nama/nickname sebelum isi komentar. Terima kasih :)