Kamis, 27 Juni 2013

MERAWAT PRINTER MODIF

BANYAK SEKALI ARTIKEL YANG MENCOBA MENJELASKAN BAGAIMANA MERAWAT PRINTER MODIF, NAMUN ARTIKEL KALI INI SAYA AKAN MENJELASKAN SECARA RINGKAS, JELAS, DAN BENAR BAGAIMANA MERAWAT PRINTER MODIF DENGAN BAIK, BENAR, DAN SEDERHANA.


Pertama-tama, perlu diketahui bahwa printer modif tidak memiliki garansi pabrik lagi, karena memodifikasi printer sama halnya dengan merusak printer dengan sengaja. Banyak sekali outlet yang menjual printer modif dengan tawaran servis gratis selamanya. Menurut saya tawaran ini AMAT SANGAT TIDAK MENGGIURKAN, karena RUPANYA MEMPERBAIKI PRINTER ITU SANGAT MUDAH :) dan tidak perlu membutuhkan modal tenaga yang keras. Perlu diketahui bahwa printer dimodif karena dua alsan :

1. Intensitas cetak yang sangat tinggi (sangat sering melakukan print)
2. Lebih praktis karena tidak perlu melepas cartridge saat tinta habis.

Sebelumnya, saya akan menjelaskan mengenai printer modif, begini mungkin gambarannya :

  1. Printer dengan tabung tinta harus sejajar. (jika lebih tingi tabung, kemungkinan besar tinta akan tumpah dan merusak cartridge/head, jika tabung tinta lebih rendah, cartridge akan sulit menyedot tinta)
  2. Setiap akan melakukan print, penutup kecil tabung tinta harus terbuka, jika tidak maka cartridge akan terganggu saat proses menyedot tinta.
  3. Saat printer tidak akan digunakan, kalau bisa tutup kecil tabung tinta ditutup, agar kotoran dan keseimbangan udara dalam tabung terjaga.
  4. Pada saat tidak digunakan, tempat masuknya kertas lebih baik ditutup, hindari kebiasaan membiarkan kertas ada di lubang masuk kertas.
  5. Jangan menaruh benda berat di atas printer, agar tidak penyok.
  6. Lakukan proses print sekurang-kurangnya rutin dua minggu sekali, atau bahkan swminggu sekali, semua warna, agar tinta tidak mengering di head. (dulu, saat saya membeli printer pertama kali, proses print biasanya seminggu sekali, maklum karena masih baru, tapi pernah saya tidak melakukan print sebula lebih tapi kondisinya masih prima, jadi terserah kebijakan anda)
  7. Jangan melakukan proses print yang banyak sekaligus, disarankan untuk mencetaknya sedikit-demi sedikit, jika dokumen yang akan anda cetak sebanyak 100 lembar maka saya sarankan untuk mencetak 20 lembar secara bertahap, istirahan sejenak (15 detik paling cepat), lalu lanjutkan lagi 20 lembar, istirahat lagi sejenak (sekitar 15 detik paling cepat), lalu lanjutkan proses print. Lakukan hal ini berturut-turut hingga selesai. Hal ini perlu diperhatikan agar certridge/head tidak terlalu panas saat melakukan proses print (yaah, seperti manusia lah, perlu istirahat).
  8. Gunakanlah merk tinta yang sudah sikenal banyak. Biasanya jika kita membeli printer modif di outlet tertentu, kita akan disarankan menggunakan tinta bawaan dari toko tersebut, biasanya tintanya racikan sendiri. Usahakan kita tidak bergantung terhadup tinta tersebut, meskipun harganya murah berkisar Rp.20.000 -  Rp.25.000 tetapi kualitasnya rendah. Tinta tersebut biasanya cepat merusak head/cartridge. Pakailah merk tinta yang dapat dibeli dimanapun, seperti merk blueprint, dataprint, pison ink, atau bahkan tinta asli dari printernya, dsbg.
  9. Untuk merawat printer lebih lanjut, silahkan mengunjungi artikel lainnya : tips seputar memilih tinta, mengatasi gambar putus-putus, menghilangkan udara pada selang tinta, cara mengisi ulang tinta, cara mereset printer, cara memaintenance printer,


Semoga ertikel ini membantu anda. Semoga printer anda lebih awet pula tentunya.
Jangan lupa komentarnya ya, :)

2 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 komentar:

  1. wah membantu sekali..untuk saya pribadi yg baru menggunakan printer modif

    BalasHapus
  2. wah membantu sekali..untuk saya pribadi yg baru menggunakan printer modif

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik. Bagi komentator anonim harap memberikan nama/nickname sebelum isi komentar. Terima kasih :)