Minggu, 30 Juni 2013

TIPS MENGERJAKAN SKRIPSI

Kawan-kawan yang sedang mengerjakan skripsi saat ini saya ucapkan selamat :) karena tidak lama lagi kawan-kawan akan segera lulus, eits tentunya dengan menghadapi sidang skripsi terlebih dahulu ya.

Skripsi atau yang disebut tugas akhir merupakan karya ilmiah / karya tulis yang dibuat sebagai persyaratan lulus / memperoleh sarjana strata satu (S-1). Dalam bahasa Inggris, Skripsi disebut Undergraduate Thesis.

Perlu Kawan ketahui bahwa tugas akhir merupakan penentuan kelulusan kawan di bangku kuliah, dalam skripsi inilah kawan-kawan diharuskan mengimplementasikan ilmu, teori dan praktik yang didapat dari bangku kuliah. Hmmm...lucu rasanya jika kita lihat rupanya bertahun-tahun kita duduk di bangku kuliah ujung-ujungnya dipastikan oleh sidang skripsi yang berdurasi 1 jam. :D

Tidak sedkit lho mahasiswa yang dibikin pusing mengerjakan skripsi. Istilah kerennya "galau abis", tidur ga' tenang, makan ga' tenang, jalan-jalan ga' tenang, pacaran ga' tenang, pokoknya ngapa-ngapain ga' tenag deh :D. Ditambah lagi orang tua dan semua orang nanya "kapan lulus?", "skripsinya sudah?", "skripsinya nyampe' mana bro?, :D pokoknya kalau sudah dengar pertanyaan itu seakan-akan kebahagiaan tlah sirna :D

Untuk lulus, setiap mahasiswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda, ditambah keadaan kampus dan karakter dosen pembimbing kawan-kawan. Untuk itulah, ada beberapa kesulitan yang ditemui saat mengerjakan skripsi :


  1. Dosen killer, perfeksionis, tiap bimbingan mesti di corat-coret, salah inilah, salah itulah :D. Untuk menghadapi yang seperti ini harus sabar kawan. Setiap masukan dosen pembimbing kawan yang sekiranya masuk akal dan membangun alangkah baiknya dicatat dan langsung diterapkan. Sesekali membela diri jika yang kawan lakukan sudah benar, tapi ingat, jangan terlalu ngotot ya. Dosen biasanya ga' bakalan bunuh mahasiswanya kok :D so percaya aja deh sama masukan beliau :)
  2. Antara dosen pembimbing 1 dan pembimbing 2 berbeda pemahaman. Wah..ini nih sobat yang sulit. Setiap bidang ilmu pengetahuan biasanya memiliki paradigma atau teori yang berbeda (bahkan berlawanan) antar satu teori/paradigma dengan lainnya, dan begitupun juga dosen, ada yang selalu berpatok pada teori dan ada yang tidak. Kalau keadaannya seperti ini kawan-kawan sebaiknya mengambil jalan tengahnya. Jika DP 1 mengatakan harus menggunakan teori A sedangkan DP 2 harus menggunakan teori B, sebaiknya kawan mengambil keduanya, dan berilah penjelasan dalam skripsi kawan kaitan antara kedua teori tersebut. Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, alangkah baiknya kawan memilih salah satu teori yang lebih baik untuk diikuti, atau kawan punya teori yang lebih relevan dengan skripsi kawan, berikan penjelasan yang baik pula di dalam tulisan kawan mengapa kawan mengambil teori tersebut, dan jangan lupa jelaskan kepada dosen secara halus, logis, dan relevan mengenai alasan kawan tidak memilih teori yang disarankan salah satu DP (dosen pembimbing) kawan. Pasti DP kawan mengerti kok. :)
  3. Usahakan untuk TIDAK COPAS (Copy Paste) tulisan orang lain, baik lewat karya ilmiah lan atau lewat internet. Wah ini nih jeleknya mahasiswa sekarang, semuanya erba copas :D . Dosen biasanya tahu lho tulisan kawan tersebut hasil plagiat (meniru) ataui tidak, karena DP mengetahui sampai dimana keceradasan mahasiswanya. Kalaupun nantinya dibiarkan oleh DP, berhati-hatilah kawan pada saat sidang skripsi(ujian skripsi) ntar dibantai pertanyaan yang mematikan lho. Saya sarankan kepada kawan untuk memakai bahasa sendiri, meskipun kawan sekalian sangat tidak bisa membuat kalimat komunikatif atau kalimat yang bagus, usahakan tetap menggunakan kalimat kawan sendiri. Belajar lagi Bahasa Indonesia. Nantinya dosen akan mengerti dan melatih kawan-kawa semua, dosen akan percaya kepada kawan-kawan. Tanamkanlah rasa kepercayaan kepada DP kawan sekalian dengan tidak menyuguhi mereka dengan hasil plagiat. Jika DP kawan sangat percaya kepada kawan, nanti kawan-kawan akan dilancarkan, saat sidang skripsi akan dibela-bela. :)
  4. Buanglah rasa malas, kurangi bermain game, jalan-jalan, pacaran, tidur terus-terusan :D , dan jagalah kesehatan. Kerjakanlah skripsi kawan sedinimungkin agar nantinya ga' SKS (sistem kebut semalam) :D
  5. Sebelum memilih permasalhan yang akan dibahas dalam skripsi kawan, alangkah baiknya kawan melakukan suvei ke lokasi penelitian kawan sekalian. Pastikan bahwa permasalahan kawan sekalian memang ada di lokasi penelitian, agar nantinya kawan-kawan tidak sering-sering ganti judul. Mantapkan dalam hati dan laksanakan.:)
  6. Kalau kawan-kawan sekalian tergolong orang kaya :D dan merasa malas mengerjakan skripsi sehingga ujung-ujungnya beli skripsi orang, saya sarankan untuk tidak melakukan tindakan tidak terpuji tersebut. Percuma kawan sekalian menghabiskan waktu kuliah yang bertahun-tahun tapi tidak ada pengalaman riil pada akhirnya. Tapi saya percaya kok, kawan yang sudah membaca ini bukanlah orang yang demikian. :)
  7. Usahakan melakukan bimbingan skripsi minimal seminggu sekali, kalau perlu setiap hari :D (kalau bisa). Ingatlah bahwa saat akan melakukan bimbingan skripsi, kawan sudah siap dengan materi yang akan didiskusikan dengan DP.
  8. Setiap akan melakukan bimbingan, hubungilah terlebih dahulu DP kawan melalui SMS/Telepon/Email/FB/Twitter/BBM :D (tergantung dari dosennya). Gunakanlah kalimat yang sopan, jelas, dan padat, (jangan pake bahasa alay, singkatan, atau tulisan besar kecil kaya' ABG labil) :D bukannya dibales sama DP malah DPnya pusing baca pesan kita :D . kalau saya sendiri seperti ini isi smsnya : "Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat siang Pak/Bu .... Mohon maaf mengganggu aktifitasnya. Saya (nama lengkap) Semester ..., Berniat untuk (bimbingan/minta ttd/apalah terserah) kepada Bapak/Ibu. Kira-kira Bapak/Ibu .... kapan bisa saya temui? Sebelumnya terima kasih banyak ya Pak/Bu". Naah, kalo smsnya sopan seperti itu biasanya dibales kawan. Kalau memang belum dibales bukan tanggung jawab saya lho :D mungkin saja beliau sedang sibuk, ga' ada pulsa, atau ga' suka sms (sukanya ditelepon), tapi menurut pengalaman saya sih dibales (kadang langsung dibales atau tunggu beberapa menit atau se jam). Maka dari itulah kawan-kawan harus bertemu dosennya terlebih dahulu dan tanyakan kepada beliau biasanya beliau maunya di SMS/telepon/Email/dll. :)
  9. Jangan males baca buku kawan, jangan  males pinjam buku di perpustakaan. Kalau sobat termasuk mahasiswa yang ingin hemat, lebih baik meminjam buku saja daripada membelinya. Tapi jangan sampai telat mengembalikan ya, nanti dendanya mahal lho :D . Carilah referensi sebanyak mungkin agar wawasan sobat terhadap permasalahan yang diangkat dapat diperdalam. Jangan malu untuk share dengan DP/teman atau menanyakanbuku apa saja yang diperlukan untuk penelitian kawan.
  10. Bacalah skripsi kakak kelas kawan. Hal tersebut dilakukan agar kawan mendapat gambaran mengenai penelitian serta urutan penulisan yang benar.
  11. Jangan sampai tidak membaca buku pedoman penulisan skripsi. Pedoman penulisan skripsi ibaratnya peta, jika peta saja tidak punya, maka otomatis kawan akan bingung cara penulisan skripsinya, dan perlu diingat bahwa setiap jurusan/fakultas/universitas memiliki pedoman penulisan yang berbeda, pakailah pedoman penulisan yang disediakan oleh jurusan kawan sekalian.
  12. Jika kawan mengedepankan cepat selesainya skripsi dan cepat lulus, maka kawan sekalian lebih baik memilih permasalahan yang gampang dan lokasinya tidak terlalu jauh. Saya tidak igin mengatakan bahwa ada skripsi yang sulit dan mudah, namun lebih tepatnya skripsi itu memiliki tingkat kesulitan pengerjaan yang berbeda, tergantung dari permasalahan yang diangkat. Sulit/tidaknya sebuah skripsi dilihat dari : Sulit/tidaknya data dapat diperoleh, Jauh/tidaknya lokasi penelitian.
  13. Beri target halaman setiap harinya/minggu/bulan. Maksudnya,alangkah baiknya kawan-kawan memberi target menyelesaikan 1 halaman setiap harinya, atau sekian halaman setiap hari/minggu/bulan.
  14. Jangan biarkan kawan-kawan menganggur terlalu lama, karena nantinya kawan-kawan akan malas untuk bertatap muka dengan skripsi. Jika otak tidak dibuat berfikir terlalu lama, biasanya otak akan beku dan malas, sedangkan untuk mencairkan otak itu sangat sulit kawan.

Mungkin hanya ini saja kawan yang bisa saya share kepada kawan-kawan. Bagi kawan-kawan yang ingin share atau sedikit curhat, slahkan komentari artikel sederhana ini kawan, akan saya bantu sebisa saya. :)
Selamat mengerjakan skripsi ya kawan, dan semoga cepat lulus. :) Amien..

Jangan lupa untuk membaca artikel saya yang berjudul KIAT SUKSES MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI.

Jangan lupa komentarnya ya.. :)

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan baik. Bagi komentator anonim harap memberikan nama/nickname sebelum isi komentar. Terima kasih :)