Minggu, 30 Juni 2013

KIAT SUKSES MENGHADAPI SIDANG SKRIPSI


Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas bagaimana menghadapi sidang skripsi (ujian skripsi). Perlu diketahui bahwa ujian skripsi merupakan penentuan seorang mahasiswa dinyatakanlulus atau tidak. Maka dari itulah, agar proses sidang skripsi berjalan lancar, alangkah baiknya jika anda melakukan hal-hal dibawah ini yang telah saya lakukan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Saya tidak akan menjamin kawan-kawan lulus, tapi dengan pengalaman saya, saya akan membantu kawan-kawan semua menghadapinya.

Yang perlu dipersiapkan sebelum ujian skripsi :


  1. Berdoa kepada Tuhan YME. Syukurilah semua perjuangan kawan selama mengerjakan skripsi, setelah itu mintalah kepada Tuhan agar nanti diberikan kelancaran dan dapat lulus dengan sukses.
  2. Peljarilah kembali skripsi kawan-kawan. Pahamilah isinya, buatlah daftar perkiraan pertanyaan dosen penguji. Perkirakanlah pertanyaan apa saja yang nantinya akan dilontarkan dosen penguji kepada anda. Setelah itu buatlah jawaban dari perkiraan pertanyaan tersebut dengan sebaik mungkin.
  3. Persiapkan buku-buku dan literatur yang dapat membantu kawan-kawan saat proses sidang.
  4. Carilah informasi mengenai siapa sajakah dosen penguji yang akan menguj kawan. Cari tahu wataknya, pembawaannya, background pendidikannya, agar nantinya kawan dapat siap lahir bathin bertatap muka dengan beliau.
  5. Persiapkanlah pakaian yang rapi (biasanya hem putih, celana kain hitam, sepatu fantofel hitam, kaos kaki hitam, sabuk hitam, dan almamater universitas). Persyaratan pakaian ini biasanya diatur oleh masing-masing fakultas/jurusan/universitas. Juga jangan lupa untuk tampil maksimal, bersih, bersinar, tampan/cantik, dan tidak terlalu berlebihan.
  6. Jagalah kesehatan anda, jangan sampai anda sakit, sehingga dapat mengurangi performa anda pada saat menghadapi sidang skripsi.
  7. Siapkanlah kue untuk para dosen (hal ini terserah anda). Jujur, saya sendiri tidak melakukan hal ini, karena menurut saya hal ini termasuk tindakan menyuap secara tak langsung, dan tentunya tergantung dari dosen kawan sekalian. Ada dosen yang menolak, dan juga ada dosen yang suka disuap. Berhati-hatilah dalam melakukannya, karena ada beberapa dosen yang tersinggung dan marah jika anda memberi mereka bingkisan, dan tentunya hal ini akan mempengaruhi citra dan nilai anda di mata dosen.
  8. Siapkanlah handout presentasi anda, biasanya dosen memperkenankan anda untuk mempresentasikan skripsi anda. Alangakah baiknya jika anda menyiapkan slide power point sebagai media anda presentasi anda, hal ini akan menambah nilai dan citra anda.


Baiklah, setelah anda mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya ialah pada saat proses berlangsungnya ujian/sidang skripsi. Adapun yang perlu dilakukan menurut pengalaman saya ialah :


  1. Berpresentasilah dengan singkat dan padat, menurut pengalaman saya, waktu yang diberikan untuk presentasi ialah antara 15-20 menit.
  2. Santai saja, sidang skripsi itu sama halnya dengan seminar proposal skripsi kok :) , hanya saja lebih formal dan serius. Jangan terlalu gugup, pada awal-awal mungkin akan gugup, tapi setelah anda memulainya, anda akan terbiasa.
  3. Jika Dosen memberikan pertanyaan, jawablah dengan nada dan ekspresi yang meyakinkan. Jangan bertele-tele, langsung saja pada pointnya.
  4. Jika dosen memanas-manasi atau menegur dengan kata-kata/tindakan yang menyakitkan, jawablah dan lawanlah dengan santai,jangan lantas anda langsung down. Biasanya hal ini jarang terjadi, tergantung dari dosennya juga (mungkin saja akting, atau dosennya lagi ada masalah). Sejak awal anda menjadi mahasiswa berusahalah untuk dikenal baik di mata dosen, agar dosen juga tak tega untuk men-down-kan anda.
  5. Setiap kritikan dan masukan ada kalanya untuk dilawan/dipertahankan. Namun jika masukan dan kritikan dosen tersebut masuk akal, logis, dan membangun, sebaiknya anda menerimanya dan mengucapkan terima kasih. Perlu saya beritahu bahwa ujian skripsi pada intinya ialah bagaimana anda mempertahankan skripsi anda agar diterima, namun pembelaan dari anda yang terlalu ngotot, tidak rasional, keras kepala, dan maunya sendiri akan merusak citra dan penilaian penampilan anda dalam sidang skripsi.
  6. Catatlah semua pertanyaan dan masukan dari dosen.
  7. Gunakanlah muka dan ekspresi yang santai, bersahabat, gerak tubuh yang tidak dibuat-buat. Natural saja :)
  8. Pakailah kata-kata yang sopan, nada suara (intonasi) yang biasa saja (jangan berteriak bro :D )


Setelah itu semua dilalui, maka sudah saatnya keputusan lulus/tidaknya kawan-kawan dibuat. Biasanya sebelum diberikan keputusan, kawan-kawan sekalian akan disuruh keluar ruangan terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar dosen dapat berembuk di dalam mengenai keputusan dan nasib kawan. Selagi menunggu, berdoalah dengan khidmat kawan, Tuhan pasti mendengar doa kalian :) trust me, it works.
Setelah menunggu sekian menit di luar, maka anda akan dipanggil lagi ke dalam ruang sidang. Hasil dari sidang skripsi itu ada 3 macam kawan :


  1. Lulus tanpa revisi(perbaikan). Wah, yang ini biasanya skripsinya sudah dikerjakan dengan sangat sempurna, tapi kemungkinannya sangat sedkit kawan. Tapi saya percaya kawan-kawan pembaca mudah-mudahan lulus tanpa revisi, Amiin :)
  2. Lulus dengan revisi(perbaikan). Naah, yang ini nih paling banyak. Biasanya mahasiswa lulus dengan cara ini. Setiap mahasiswa berbeda, ada yang sedikit revisi, ada yang banyak revisi sana-sini. Tapi tetap syukuri saja kawan, biasanya kalau anda disuruh untuk merevisi skripsi kawan, tandanya skripsi kawan sekalian sudah diterima, tentunya dengan syarat harus diperbaiki. :)
  3. Tidak lulus. Wah, yang ini biasanya jarang terjadi kawan, kalau hal ini terjadi pada kawan, berarti ada kesalahan fatal dari skripsi kawan, penampilan, dan citra kawan sendiri di mata dosen.


Jika kawan-kawan langsung dinyatakan lulus tanpa revisi, biasanya dosen akan mengatakan pada saat itu juga. Bersukurlah kawan, dan ucapkan terima kasih kepada para dosen. Saya juga ucapkan selamat ya kawan.
Jika kawan-kawan di suruh melakukan revisi, biasanya dosen akan mengatakan "untuk hasilnya belum bisa kami umumkan sekarang, karena ada beberapa yang harus diperbaiki", tetaplah bersyukur kawan, karena sesungguhnya kawan sudah lulus dengan nilai yang dirahasiakan. Maka dari itulah kawan-kawan segera melakukan bimbingan revisi skripsi kepada dosen penguji dan pembimbing. Jika kawan-kawan melakukan revisi dengan bersungguh-sungguh dan secepat mungkin, maka nilai kawan-kawan akan naik. Bisa saja awalnya nilai kawan sekalian adalah B+, namun setelah melihat kegigihan kawan melakukan revisi, dosen penguji dan pembimbing akan sepakat untuk menaikkan nilai kawan menjadi A. :)
Untuk kawan-kawan yang belum lulus, hadapi saja dengan santai kawan. Bersabarlah, kegagalan kawan bukan berarti aib buruk. Percayalah bahwa rencana tuhan pasti berakhir baik, dan saya percaya akan hal itu. :)

Ok, mungkin itu saja pengalaman yang bisa saya bagikan kepada kawan-kawan sekalian. Semoga skripsi kawan-kawan cepat selesai dan lulus dengan lancar, Amiin.. :)
Bagi kawan-kawan yang ingin berbagi pengalaman atau menambah kiat-kiat sukses ini atau ada yang perlu ditanyakan, silahkan komentari artikel sederhana ini. :)

Sekali lagi semoga diberi kelancaran ya.. dan sukses selalu.. :)

52 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

52 komentar:

  1. Sidang skripsi memang menakutkan.

    BalasHapus
  2. terima kasih ya..
    langkah-langkah anda sungguh membangun saya
    do'a kan ya saya lulus senin ini tgl 25-8-2014
    add juga ya all pertemana facebook youdypdd@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, saya doakan semoga sukses dan lulus skripsinya.
      Kabari saya hasilnya ya. :)

      Hapus
  3. Bismillahirohmanirohim,, jangan takut hadapi skripsi?? Bila anda ingin lulus

    BalasHapus
  4. Infonya mantap.. Doakan sy lulus tanpa revisi ya, amiiin.. Sidang sy senin ni 19jan 2015. Terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin, saya doakan lancar dan lulus.

      Hapus
    2. Alhamdulillah sy lulus.. :D sy tenang loh waktu akan menghadapi sidang, n saat tu sy berinisiatif melihat official video lagu yg sy suka disamping sudah menghafal materi skripsi.. Hasilx sy presentasi dg tenang n lulus deh..

      Hapus
  5. Nice Post Kunjungi Balik http://jasakonsultanskripsisurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak, blog Anda sudah saya kunjungi.

      Hapus
  6. Hal yang dulu pernah membuat saya panas-dingin "Ujian Skripsi". hehe
    Terima kasih tipsnya Pak.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Saya besok sidang... dan perasaan saya sangat ketar ketir skrg .. thx infonya

    BalasHapus
  9. Terimakasih, semoga lulus dg hsl yg baik

    BalasHapus
  10. Terimakasih, semoga lulus dg hsl yg baik

    BalasHapus
  11. trimaksih tips nya kwan...saya ujian tanggal 20 okto 2015..doakan saya lulus ya kwan-kwan..amin ya allah..

    BalasHapus
  12. Terima kasih tipnya cukup membantu dan bikin semangat

    BalasHapus
  13. Terimakasih sangat membantu infonya. Doakan saya ya kawan semua .... lancar skripsi dan lulus tahun ini .... amin amin amin

    BalasHapus
  14. Terimakasih sangat membantu infonya. Doakan saya ya kawan semua .... lancar skripsi dan lulus tahun ini .... amin amin amin

    BalasHapus
  15. Terimakasih sangat membantu infonya. Doakan saya ya kawan semua .... lancar skripsi dan lulus tahun ini .... amin amin amin

    BalasHapus
  16. Selasa besok saya sidang semoga lulus amin yarobbal alamin

    BalasHapus
  17. Selasa besok saya sidang semoga lulus amin yarobbal alamin

    BalasHapus
  18. sangat bermanfaat infonya. Insyallah saya sidang skripsi minggu ke 3 di bln agustus ini, bantu doakan saya ya supaya ujian berjalan lancar dan lulus dengan nilai baik..amin.sukses untuk kita semua :)

    BalasHapus
  19. insya allah,saya bulan agustus minggu depn akan menghadapi sidang, minta doanya kawan2,semoga nti lancar n lulus dengan berprestasi.Aamiin. terima kasih infonya sangat bermanfaat:-)

    BalasHapus
  20. Tanggal 22 september saya akan sidang, mohon doanya supaya saya lulus. Amin

    BalasHapus
  21. terimakasih masukan nya,semoga saja sidang skripsi saya lancar,aminn

    BalasHapus
  22. terimakasih masukan nya,semoga saja sidang skripsi saya lancar,aminn

    BalasHapus
  23. Terimakasih, tips ini bermanfaat.
    Sidang TA saya besok Rabu, do'akn saya supaya lncar ya kawan.

    BalasHapus
  24. Tgl 26 nov nanti sy akn sidang yudisium...mohon doanya ya kawan kawan semoga sy lulus tahun ini...aminnn

    BalasHapus
  25. Doakan saya ya ka Wahyu semoga kuliah saya cepet kelar dan lulus dengan baik ka

    BalasHapus
  26. Nice post, baru aja lulus. Tapi memang sidangnya agak menakutkan sih hahaha, soalnya si penguji terus intimidasi dengan suara keras dan suka motong ketika saya lagi jawab.

    BalasHapus
  27. tips nya membantu sekali, Besok saya sidang skripsi.. doaakan saya agar ujiannya berjalan lancar 🙏🏻

    BalasHapus
  28. Terimakasih info nya
    Semoga senin ini saya sidang di berikan kemudahan dalam menjawab dan mendapatkan hasil yg baik aminnnn

    BalasHapus
  29. Terimakasih info nya
    Semoga senin ini saya sidang di berikan kemudahan dalam menjawab dan mendapatkan hasil yg baik aminnnn

    BalasHapus
  30. Tks ya tipsnya, berguna jg buat sidang tesis, krna prosesnya kurang lebih sama

    BalasHapus
  31. Terima kasih atas tipsnya, doakan mudah2an sidang saya besok tanggal 23 Januari 2018 berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan. Amin ya rabbal alamiin 🙏🙏🙏

    BalasHapus
  32. Nice info. Semoga sidangku ditanggal 31 Januari 2018 dimudahkan. Aamiin 💕

    BalasHapus
  33. Sidang q tgl 16 Maret 2018, bertepatan dg tgl lahir q... semoga d beri kelancaran. amin...

    BalasHapus
  34. Terimakasih banyak, informasinya sangat bermanfaat... Semoga sidang skripsi saya besuk Selasa, 27 Maret 2018 diberi kemudahan dan lancar serta lulus dengan nilai terbaik dan barokah. Amiiin ya rabbal alamiiin :')

    BalasHapus
  35. Sangat bermanfaat, semoga kita semua senantiasa diberi kelancaran atas apa yang kita usahakan, amiiiinnn

    BalasHapus
  36. Sangat bermanfaat, semoga kita semua senantiasa diberi kelancaran atas apa yang kita usahakan, amiiiinnn

    BalasHapus
  37. Ammiinnn smoga ini memotivasi saya...
    Mohon doanya kawan..smoga q lulus dg maksimal dalam sidang sekripsi ini kawan..bulan 12 deber 2018

    BalasHapus
  38. Saya besok sidang, terimakasih infonyaa :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan baik. Bagi komentator anonim harap memberikan nama/nickname sebelum isi komentar. Terima kasih :)